Gue vs Aku vs Saya

by marinamerona

“iih, kamu, aku gak suka ah”
“suka-suka gue donk!”
“Tapi saya pun suka begitu kok, gak masalah”

oke oke, gw pun gak ngerti apa yg tadi gw tulis, hahaha..
Gw cuma pengen sharing aja, sebutan apa yg kalian pakai untuk memanggil diri sendiri ketika ngomong sama orang atau banyak orang?
Gw..jujur, udah kebiasaan pake ‘gue, elo‘ klo ngobrol sama orang (lain)
klo sama orang tua sih pake sebutan nama ^^.

Trus? apa yg mau dibahas??

Begini…gw punya teman yg sejak pertama ketemu (kayaknya) dia udah memakai panggilan ‘aku kamu‘, bukan gak pernah sii~ tp doi jarang keceplosan pake ‘gue elo‘, dan … belakangan ini doi mulai pake sebutan nama, jadi misalnya gini “hey Tini, Tono pergi ke pasar dulu ya, jadi sekarang Tono gak bisa temenin Tini” (jadi inget judul lagu -.-)

Entah gw yg ‘biasa‘ memakai ‘gue elo‘, pertamanya gw suka merasa aneh klo ngomong sama dia, seperti..tiba2 gw merasa punya pacar! hahaha *katrok*. Lalu gw mulai berpikir..
“apa dia cuma ke gw doank pake aku kamu ?” -mulai Ge’Er, tp gak lama, ketawan dia juga seperti itu ke temen2 gw-
“apa dia duma ke cewek doank ya pake aku kamu ? … klo kayak gitu ganjen amat! tp bisa jadi dia menghormati wanita..” -dan gak lama kemudian dia pake aku kamu pula ke temannya sesama cowok-
“apa..dia cuma pake aku kamu ke orang2 yg lebih muda ??” -nah, anggapan gw yg ini yg smentara gw ambil-

Tapi karena kelamaan gw penasaran, akhirnya gw bertanya langsung kenapa dia pake aku kamu..
“eh, lo knapa si pake aku kamu? temen gw sampe ada yg salah kaprah…”
Dan dia pun tertawa dengan pertanyaan gw..lalu dia ngejelasin bahwa waktu kecil sampe agak remaja itu dia lama tinggal di daerah (bagian Sumatra), yg semua anak2 kompleks perumahan dia itu memakai panggilan aku kamu, jadilah dia terbawa kebiasaan sampai di kota Jakarta ini! *hoalaaahh…^^*

Lalu? knapa belakangan dia pake sebutan nama sekarang? *jadi makin (terlalu) sopan, gw doank yg masih keras tengilnya*  😕 huaa..entahlah, mungkin doi terinspirasi dari ‘seorang teman’ nya hE hE hE… *mengerti kan maskud ketawa saia? =u= klo nggak yaudah..*

oya, cerita yg lain, ini diceritakan oleh salah seorang sahabat gw..*kayaknya si sohib gw yg ini agak menyesal dengan masa lalunya yg kelam :p* jadi begini celotehnya..
“masa ya, waktu kelas 3 SD, gw punya temen satu kelas pindahan dari daerah gitu, cowok, kulitnya gelap, tp kemayu nya minta ampun, entah kenapa waktu kelas 3 SD gw tengil banget, gw sama anak satu geng gw pernah ngelabrak anak pindahan itu ‘eh! lo kok ngomong pake aku kamu sih?’
reflek kayaknya anak pindahan itu ketakutan ngeliat gw sama temen2 gw dan dia jawab sambil terbata2 ‘aku…aku…’
, trus gw bentak ‘jawab donk! knapa sih gak pake gue elo aja?’ *sumpah jahat abis haha*
, lalu anak pindahan itu pun menjawab dengan muka memelas
‘aku..aku..takut dosa tauk..~’ “

*DHUAR~*

..haha, gw pun yg mendengar cerita sohib gw itu lgsg ketawa seketika, di samping gw takjub sama masa lalu sohib gw yg tengil, di sisi lain gw merasa lucu dengan kata ‘takut dosa klo ngomong pake gue elo‘… dan dari cerita2 di atas, gw kembali mengambil kesimpulan bahwa orang2 yg berasal/lama tinggal di daerah lebih ber‘adab’ Indonesia nya (ketimbang org kota?)

oh Tuhaann..kadang gw berpikir, darimana sih asal kata2 gue elo itu? sekelibet denger sih katanya berasal dari China ‘owe=gue’, dan ada lagi yang bilang bahwa ‘gue elo’ itu bahasa betawi asli, tp klo dipikir2 lagi mirip pula sama bahasa jawa ‘kowe=gue’..soo?? yg mana yg bener??

*apa jangan2 gue elo itu bahasa preman? brarti gw termasuk preman?? well..hanya Allah dan org2 sekeliling saia yg tau xp*

Hanya saja..entah kenapa emg udah lumrahnya aku kamu itu lebih sopan dan hormat (sering banyak digunakan wanita yg lembut pula, lah gw? *ditimpuk*) , sedangkan gue elo lebih kasar dan slenge’an..tapi ada juga yg berpikir (termasuk saia) “gue elo itu biar kesannya lebih akrab”..
Tapi mungkin klo bagi gw, lengkapnya itu..
saya anda (sering gw plesetin jadi saia ) u/ lebih sopan atau formil,
gue elo u/ terkesan lebih akrab,
sedangkan aku kamu itu untuk hubungan yg lebih intim,
err..klo sebutan nama? untuk yg super duper intim x ya?
*perhatian : intim yg gw maksud disini bisa hubungan berupa keluarga/sudah seperti keluarga, bukan terpaku untuk pacar doank loh yaa~ (kasian pacar gw ndak ya? jangan2 doi jd merasa gak spesial? hahaha..auk ah, yg ini kita bahas kapan2 aja :p)

Berhubung gw dari lahir udah hidup di kota, entah emg gw yg terbawa arus pergaulan ato apapun itu..dari dahuuuulu kala gw udah berpatokan bahwa aku kamu atau saling memanggil dengan sebutan nama itu bakal gw persembahkan hanya untuk org2 yg gw kasihi (korban sinetron nih kayaknya). Maximal untuk suami gw kelak *kya~ 😳 *, gw bercita2 untuk saling memanggil dengan sebutan nama/panggilan kesayangan *tssaahh…* seperti mamah papah ku gitu~ fufufu…*tp klo mereka lagi berantem serem..stress gw*

Tapi gw rasa, mulai sekarang sepertinya gw harus melebarkan patokan. Aku kamu bukan hanya untuk org yg dikasihi (ato mungkin melebarkan jumlah orang2 yg dikasihi?), tapi juga digunakan sebagai era globalisasi, sebagai warga Indonesia yg berbahasa Indonesia dengan baik dan benar (jadi ceritanya nyambung ke tema hari ‘Kebangkitan Nasional‘ eh?) emang dari awal sebenarnya aku kamu itu sah-nya sebagai bahasa Indonesia kan ya???

Untuk sekarang ini, gw mulai sedikit menyisipkan panggilan aku kamu kalo ada kesempatan berinteraksi sama berbagai kalangan orang, tp entah kenapa nurani ini masih terus memilih2 siapa aja yg mau gw serve pake aku kamu, jadilah hanya 0,5% dari gaya berbicara gw memakai aku kamu ketimbang gue elo.

Sampai seterusnya, kayaknya gw harus belajar lebih terbiasa dengan aku kamu, klo perlu ikut menggunakannya, atowa kadang2 klo lagi mood ato becandaan, ya pake aku kamu *hajar lah bleh*. Tergantung orang yg diajak/mangajak bicara deh, istilahnya adaptasi gitu ato sekedar menghormati *saia usahakan, tp klo gagal mohon dimaklumi ya 😆 blom biasa* hoho ..

Makanya itu, klo kalian terkadang menemukan gw pake akukamugueelosaiaandaaneente (loh?) sekali lagii.. mohon dimaklumi ya^^ karena saia belom mudah untuk konsisten, jadi maaf juga klo ini menyebabkan tulisan saya cenderung acakadut :mrgreen: jehehehe…*baru ngomong belakangan*

u..uaa..tulisannya panjaang~!

Advertisements