[dialog petang] Pengaruh Lain dari Gaya Hidup Vegetarian

by marinamerona

Siang itu, saia kedatengan teman, doi maen2 ke rumah saia dr sore sampe maleman dikit..eheehe, tujuan dia dateng kemari itu, mau beresin tugas2 dalam proyek kita yg belom kelar.
Hmm..mungkin saia perkenalkan, dia seumuran dengan saia, pake nick name aja ya, dan dia itu seorang vegetarian. Vegetarian adalah orang yg hanya memakan sayur2an *setau saia hanya sebatas itu*

Waktu kita lg ngerjain tugas masing2, tiba2 dia bertanya
Lazcht : “Na, lo gak suka sayur2an ya?”
Mrs.Child: “ha? suka kok”
Lazcht : “suka semua sayuran?”
Mrs.Child: “mmm, gak semua sih, tp klo kangkung, cai sim, bayem, selada, itu gw masi doyan..emg knp?”
Lazcht : “ooo…itu mah masih bagus, lo gak mau jadi vegetarian aja?”
Mrs.Child: “mm…pernah kepikiran sih, tp gue gak yakin bisa meninggalkan daging,hehe”
Lazcht : “hmm iya sih..susah ya klo udah kebiasaan”

Tadinya gw berpikir knp dia menyarankan saia untuk menjadi seorang vegetarian? apakah saia terlihat gemuk dan tidak sehat?? TTuTT
Lalu pembicaraan itu berarah ke topik yg tidak biasa *eh..saia sedikit tak bisa bedain yg mana yg biasa ato nggak XP hehe* Topik apakah ituuu?? mari kita simak dialog ini.

Mrs.Child: “iya, gw udah kebiasaan kayaknya”
Lazcht : “iya..dari kecil udah makan daging”

Mrs.Child: “dulu bukannya lo juga pemakan daging?”
Lazcht : “iya sih, gw akui daging itu enak, tp pemakan sayuran itu jauh lebih bagus buat kesehatan, menurut di banyak artikel2 yg gw baca juga gitu katanya”
Mrs.Child: “hmm..tp klo kebanyakan makan kangkung bukannya bisa asam urat?”
Lazcht : “ahaa..iya, emg pada intinya semua yg dikonsumsi berlebihan gak baik, org klo makan duren kebanyakan aja bisa kolestrol
kan? eh..ato asam urat juga tu…”

Mrs.Child: “ho’oh..gw sempet kepikiran mau hindari daging merah, maunya daging putih n sayuran aja, tp yaitu, rasanya daging merah juga bisa nyandu..hahah”
Lazcht : “iyaa..ada yg pernah ngomong ma gw ‘klo NGGAK makan daging gw pusing‘, sbenernya klo bagi gw itu cuma masalah psikis doank, soalnya dr kecil udah dijejelin daging, gw jg dulu makan daging sih, tp makin gw gede gw makin gak tega, hahah”

Mrs.Child: “iya, banyak kan lo nemu anak kecil gak suka sayur2an…”
Lazcht : “itu karena gak dibiasain kyaknya”

Mrs.Child: “iya, wong makin hari makin banyak makanan instan, gmana mo makan sayur? klo tiap makan dijejelin nugget, kentaki, dan makanan junk food n fast food laennya” (kyaknya yg udah kena suntik/kimia kok enak2 ya..haha)
Lazcht : “hahaha..iya juga ya, makanya kan anak jaman sekarang banyak yg badannya udah kayak anak SMP, padahal masih SD, yg SMU tampangnya udah anak kuliahan..”
Mrs.Child: “hahaha..bener2..(agak merasa tersindir, krn sepertinya muka saia boros)

Lazcht : “tp sebenernya vegetarian itu bisa ngebantu pencegahan global warming n mengatasi krisis pangan lhuo”
Mrs.Child: “oiyaaa??! *takjub* .. eh, tp bukannya sama aja ya?” (gw berpikir, bukannya makanan2 hijau terancam punah dgn global warming, mungkin org2 bakal kesulitan nemuin sayur2an)

Lazcht : “nggak lah, gw rasa orang2 cuma ngebuat daging itu jadi makanan pokok, makanya klo gak makan daging gak kenyang, jdlah mereka berasumsi mereka kelaparan atau krisis pangan.
Klo liat peternakan sapi, bukannya mengembang-biakkan sapi itu butuh waktu lama untuk siap dipotong, mungkin disela2 waktu itu org2 yg gak kebagian daging jd kelaparan, pdhl mereka bisa makan sayur2 aja. Mana belom tentu mereka (sapi2 itu) diperlakukan secara baik lagi, gw sebel klo ngeliat sapi yg diternak diperlakukan semena2, udah diambil susunya, diperlakukan gak wajar, dipotong lagi
(maklum temen gw yg satu ini gak tegaan melihat binatang disakiti)
Mrs.Child: “hmm hmm…iya juga ya” *menyimak dgn seksama*

Lazcht : “dan untuk global warming, bukannya pengolahan dr sapi sampe jadi daging2 yg udah siap makan butuh proses yg menguras energi bumi juga? dibekuin dulu lah, ngangkut kesana kesini nya pk minyak, dikemas, masaknya pake minyak, padahal minyak udah makin langka..”
Mrs.Child: “ahaaa..bener tu~, pernah denger gak lo, hutan2 di Brazil perlahan mem’botak’ (bukan Brazil doank sih), n tiba2 aja tanah yg botak itu berdiri peternakan liar” (pernah denger kan kasus kebakaran hutan Brazil yg mencapai ber-hektar2? dikira karena kemarau, tp gak lama kemudian berdiri peternakan liar di lokasi pasca kebakaran itu..haha, ada apakah itu? well i dun hav any idea for that time)

Lazcht : “haha..gitulah, gw rasa klo banyak orang yg berenti makan daging, bisa berpengaruh banyak juga untuk pencegahan global warming..apalagi, banyak prediksi beredar, klo taun 20xx di bumi bakal terjadi sesuatu yg ‘dahsyat‘, seisi dunia bakal…” (emm entahlah, saia ngeri membayangkannya..)
Mrs.Child: “(na’uzubillah)…pernah denger sih berita itu, sekarang sih tergantung kesadaran manusia nya masing2 deh..”

Lazcht : “iya..dan kayaknya sekarang resto2 yg berbau vegetarian udah tambah banyak bermunculan, udah sadar kali? hehehe..lagipula juga, seolah daging2 di dunia juga pada protes versi mereka masing2, misalnya daging sapi-antraks (gila), ayam-flu burung, gw kesel banget klo ada hewan2 yg sakit dibunuh massal, dibakar/dikubur idup2, padahal kan mereka mahluk hidup juga! coba klo manusia yg digituin! mereka bakal gak terima kan?” *menggebu2* (perhatian! sekali lagi, dia suka gak tegaan terhadap hewan yg disakiti), oiya..babi juga tu, cacing nya itu lhuoo~hiie”
Mrs.Child: “hmm iya, tp klo gak gitu penyakitnya rentan menular kan..apalagi flu burung.., eh btw ikan juga, ditangkep nya ada yg pake racun, racunnya ya jd kebawa ke perut org yg makan,yg makan keracunan de, haha~ sempet rame tu kasusnya, klo babi sih, di agama gw (Islam) juga dilarang,soalnya yaitu..cacingnya bikin bahaya, makanya haram”

Lazcht : “(ttg flu burung) tapi kan bisa disembuhin dulu burung2nya..(ttg ikan) oya? abis klo ditangkepnya pake racun mungkin begitu jual belinya jadi murah..(ttg babi) tp kok ada2 aja gw liat org Islam makan babi, gak peduli keliatannya, haha ‘Islam KTP’ mungkin..”
Mrs.Child: “hahaha..bisa jadi..” *hanya bisa prihatin…*

..ya ya, topik yg saia angkat kali ini lagi2 gak jauh2 dr Global Warming, yah seperti yg saia bilang di posting sebelomnya, saia lagi peduli2nya dengan dampak Global Warm-isasi. Lagipula klo membicarakan vegetarian, dr dialog diatas saia bisa menyimpulkan, selain mengkonsumsi sayur mayur itu jauh lebih menyehatkan drpd makan daging, ternyata gaya hidup vegetarian bisa membantu meringankan dampak global warming loh! untungnya dobel~heahaha…dan ternyata menyelamatkan bumi bener2 banyak caranya, kita tinggal pinter2 aja cari caranya itu, sekali lagi, semua tergantung kesadaran kita masing2^^
*yahh…sayangnya, spertinya belom semuanya juga orang2 pada sadar akan dampak ini dan itu….TTuTT*
mungkin bisa dimulai dari diri sendiri dulu deh…
*ets..bukan berarti saia lgsg vegetarian sih..hanya saja mungkin saia akan mengurangi makan daging (*u*), siapa tau bisa langsing barengan bantu bumi (maxud terselubung) uhufufu, berminat juga?*

mohon maaf jika ada kata2 yg menyinggung, ini hanyalah dialog biasa yg sering dilakukan, yg bebas dr keseriusan namun penting untuk diperbincangkan :p

Advertisements